Blog-Blog Tukang Nyampah

Blog-Blog Tukang Nyampah


Ada banyak cara untuk nyampah (mengirim spam), dan beberapa bloger melakukannya dengan cara mengirimkan link blog mereka ke dasbor blog orang lain.

Agan-agan mungkin pernah mendapati hal sepele tapi menjengkelkan ini. Suatu waktu, agan berkomentar di suatu blog. Umpamakan saja di blog A. Sejak itu, secara rutin atau secara berkala, agan mendapati link blog A di dasbor blog agan.

Para bloger newbie mungkin mengira kemunculan link blog A di dasbor itu sebagai trackback atau linkback dari blog A yang pernah dikomentarinya. Tetapi, sebenarnya, link itu adalah SPAM yang sengaja dikirim oleh pemilik blog A. Tujuannya agar agan selalu ingat blog A dan kembali berkomentar di blog A.

Begini cara membedakan TRACKBACK dan SPAM, gan:

Jika agan berkomentar di blog A pada postingan berjudul “Masyarakat Bloger”, misalnya, maka link blog A yang muncul di dasbor blog agan kira-kira seperti ini: www.blogA.com/Masyarakat-Bloger

Itulah TRACKBACK, yaitu link yang datang ke dasbor agan, karena ada pengunjung di blog A yang meng-klik link blog agan. Yang patut diingat, trackback hanya muncul sesekali, dan tidak akan muncul terus menerus apalagi secara teratur dalam jangka waktu lama. Apalagi jika blog A yang pernah dikomentari agan bukan blog terkenal.

Sebaliknya, link SPAM biasanya muncul di dasbor agan dalam bentuk alamat blog tanpa judul postingan. Misalnya hanya seperti ini: www.blogA.com. Jika link blog agan tidak ada di beranda (home) blog A, tapi agan sering mendapati link blog A di dasbor blog agan, maka artinya agan telah menjadi salah satu korban pengiriman link spam.

Link SPAM seperti itu biasanya muncul secara teratur di dasbor blog agan, bisa tiga hari sekali, atau lima hari sekali, atau seminggu sekali. Sekali lagi, bloger newbie tidak akan menyadari hal itu, dan mengira itu trackback dari blog A yang pernah dikomentarinya. Tapi agan-agan pasti menyadari, itu link SPAM. Sebagian bloger bahkan sampai jengkel dengan munculnya link SPAM semacam itu di dasbor mereka. Link SPAM semacam itu mungkin tidak merugikan, tapi sangat menyebalkan.

Umumnya, blog yang mengirim link SPAM semacam itu adalah blog-blog yang sepi pengunjung. Blog-blog itu sengaja mengirimkan link SPAM semacam itu, dengan tujuan agan sering-sering mengunjungi blognya. Praktek licik semacam itu dilakukan beberapa bloger untuk meramaikan blognya, biar seolah-olah blognya dikunjungi banyak orang dan banyak yang berkomentar.

Sejauh ini, ane sudah sering mendengar temen bloger yang mengeluh jengkel akibat munculnya link SPAM semacam itu di dasbor mereka. Ane sendiri punya pengalaman mengenai hal ini, menyangkut dua blog yang telah terbukti sering mengirim link SPAM. Dua blog itu adalah:

1. Darin Holic --> http://darinholic.com/

2. Donny Verdian --> http://donnyverdian.net

Dua blog itu sangat aktif mengirim link SPAM ke dasbor ane secara teratur. Jadi, kalau agan berkomentar di dua blog tersebut, hampir bisa dipastikan sejak itu dasbor blog agan sering dikirimi link blog mereka. Itu sangat menyebalkan, seolah blog mereka sangat terkenal hingga kita sering dapat trackback. Yang ada, kita jadi merasa sedang dibohongi terang-terangan.

Ane nulis trit ini tidak bermaksud apa-apa, selain ingin memberitahu agan-agan sesama bloger agar lebih cerdas dalam menyikapi aneka “penipuan” di dunia blog. Ane juga nulis ini dengan harapan para bloger yang suka nyepam di dasbor blog orang mulai menyadari kalau perbuatan mereka mengganggu ketenteraman orang lain dalam ngeblog.

Kalau agan kebetulan juga sering mendapati link SPAM di dasbor blog agan, dan agan merasa terganggu, ane bisa kasih saran gan. Laporkan saja blog-blog pengirim link SPAM itu ke Google, sebagai blog SPAM. Caranya, buka laman ini gan, lalu isikan alamat blog tukang kirim link SPAM tersebut:

https://support.google.com/blogger/contact/spam?hl=en

Selain melalui link di atas, agan juga bisa melaporkan blog tukang SPAM melalui link berikut ini:

https://docs.google.com/forms/d/1rhRenrd16MDSgAOwnMVx9KQbp--0JoY9vKiJdIcMe44/viewform

Setelah itu, Google akan menandai blog-blog tersebut sebagai blog spam. Mungkin ini kejam, tapi perbuatan mereka yang suka NYEPAM di dasbor kita juga MENJENGKELKAN dan MENYEBALKAN.

Bloger sejati tidak suka nyepam. Salam bloger.

Sumber: Kaskus

Share This

4 komentar:

  1. Blognya dony verdian kayaknya sekarang sdh ganti alamat url ini gan: http://dv.fyi

    BalasHapus
  2. yang darin holic itu emang udah lama gitu gan. ane dulu pernah komeng di blognya, dan jadinya sering dapat kiriman link spam kek gitu. komeng ane udah bertahun2 lalu, tapi sampai sekarang masih dapat kiriman link dari blognya darin holic itu. kan jelas banget itu link sampah! gak bakalan trackback sampe bertahun-tahun masih bisa dpt. emang dia pikir blog dia setenar apa? link di kaskus aja gak sampe segitunya.

    BalasHapus
  3. ooh, pantesan. Ane juga ngalami itu gan. Dulu ane pernah komeng di blognya darinholic dot com itu gan. Sejak itu dasbor ane selalu dapat link dari blog darinholic. Waktu itu ane sempat mengira blognya dia tenar gitu, karena ane terus terusan dapat klik dari komeng ane di sana. ane kira itu emang orang mengklik link blog ane di sana. eh nggak tahunya cuma apam. Bangke!

    BalasHapus
  4. Kayaknya, darinholic itu emang tukang nyampah gan. kayaknya juga dia pernah disentil sama bloger lain gara2 ulahnya yang hobi nyampah itu. barusan ane cek blognya, ada postingan ini: http://darinholic.com/sentilan-berujung-update.html

    Tapi bukannya mengakui ulahnya yang mengganggu sekaligus menipu, dia malah sok nggak tahu gan. Di postingannya itu dia malah sok periksa2 plugin, siapa tahu ada yg gak beres. padahal ya dia sendiri yang sengaja ngirim link sampah ke orang-orang. Dasar tukang nyampah itu gan!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Designed By Blogger Templates