Ketentuan Bagi Artikel Konten IsiGood.com

Ketentuan Bagi Artikel Konten IsiGood.com


Ketentuan Umum

1. Artikel yang dikirim secara umum haruslah bertemakan sesuatu yang baik, berguna, dan mendidik, dan secara khusus harus sesuai dengan ketentuan rubrik yang dikerjakan. Misalnya, ingin mengerjakan rubrik Wawasan, maka simak baik-baik karakteristik dari rubrik Wawasan

2. Dilarang keras mengirim tulisan yang mengandung SARA, berbau pornografi atau kekerasan, bertendensi politik praktis, atau hal lainnya yang bertentangan dengan Undang-undang serta norma budaya.

3. Dilarang keras menyalin atau menjiplak tulisan milik orang lain. Diperbolehkan menyadur atau mengambil kutipan dari artikel, berita, referensi, atau sumber informasi dari luar, dengan ketentuan wajib mencantumkan sumbernya dengan kaidah pengutipan jurnalistik yang benar, juga dilakukan pengubahan kata-kata (parafrase) dari tulisan sumber aslinya.

4. Artikel ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Boleh berbahasa gaul dan ringan, tapi tidak berlebihan, tetap memiliki unsur EYD dengan benar.

5. Redaksi berhak menerima/menolak tulisan yang dikirim sekaligus menentukkan besaran insentif yang diberikan pada kontributor. Keputusan redaksi tidak dapat diganggu gugat.

6. Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas artikel yang dimuat tanpa mengubah esensi dari tulisan. Bila penulis asli tidak berkenan atas penyuntingan yang dilakukan redaksi, penulis berhak meminta untuk direvisi ulang sesuai naskah asli, jika redaksi menolak revisi tersebut, penulis dapat meminta agar tulisannya tidak diterbitkan

7. Hak cipta artikel tetap berada di tangan penulis

Saran dari Redaksi

1. Jika kamu serius untuk menulis di IsiGood.com, baik freelance atau tetap dan baru mau memulainya sekarang, disarankan untuk mempelajari konten-konten yang sudah dimuat. Terutama di rubrik yang memang kamu tertarik untuk berkontribusi.

2. Disarankan untuk membuat tulisan yang sederhana dulu, menulis di rubrik Hal Baik Hari Ini tentang konser amal di kampusmu mungkin lebih mudah ketimbang langsung nulis di rubrik Inspirasi dan langsung menulis tetang apa makna cinta menurut Erich Fromm, hehe. Kecuali tentu kalau kamu memang percaya diri untuk menulis dengan tipe yang berat karena sudah punya pengalaman menulis sebelumnya.

3. Setelah tulisanmu dimuat, akan ada saran dan rekomendasi dari Redaksi mengenai tulisanmu. Gunakan rekomendasi itu untuk tulisanmu yang berikutnya.

4. Menulislah dengan berawal dari minat dan bakatmu. Jika kamu seorang ahli komputer, silahkan tulis tips SEO yang menarik, jika kamu mahasiswa Psikologi, tulis sesuatu tentang kesehatan mental ataupun penyakit kejiwaan. Jika kamu musisi, coba saja tulis tentang fenomena dunia musik Korean Wave yang telah terjadi lima tahun belakangan.

5. Intensifkan untuk berkomunikasi dengan Pemimpin Redaksi, minta saran atas tulisan yang mau kamu tulis ataupun kritik atas tulisan yang sudah dimuat.

Prosedur Pengiriman Tulisan

1. Tulisan diketik di Ms. Word dengan rapih. Times New Roman, 12, rata kanan-kiri. Tulisan sudah lengkap dengan judul dan identitas penulis serta atribusinya (misal: Hamzah Zhafiri Dicky, Mahasiswa Sosiologi Universitas Gadjah Mada). Nama pena diperbolehkan.

2. Tulisan dikirim email ke hzhafiri@gmail.com melalui attachment. Subjek email:

Kiriman artikel_(tipe tulisan)_(rubrik)_(nama penulis)

contoh: Kiriman artikel_Hal Baik Hari Ini_Hamzah Zhafiri. Sementara di badan email, cantumkan secara lengkap identitas diri: Nama, alamat, Nomor HP, silahkan bila ada pesan lain yang ingin disampaikan pada redaksi. Akan lebih sopan dan menyenangkan kalau di badan email ada pesan pengantar darimu kepada Pimpinan Redaksi IsiGood, dengan mengenalkan dirimu dan apa motivasimu mengirim tulisan. Kami dari Redaksi IsiGood yang menerima Emailmu ini manusia biasa kok, bukan bot, jadi kami seneng banget kalau diajak ngobrol.

3. Redaksi akan memberi kabar jika tulisanmu diterima untuk diterbitkan beserta insentif yang disetujui. Dalam kasus tertentu, redaksi juga bisa menyetujui sebuah tulisan untuk diterima dengan catatan perbaikan tertentu dalam beberapa bagian yang harus diperbaiki sendiri oleh penulis.

4. Saat telah diterbitkan, penulis wajib untuk melakukan share atas tulisannya sendiri di media sosial yang dimiliki, bila ada.

5. Jika artikel penulis dinilai bagus, Redaksi bisa menghubungi penulis untuk meminta secara personal agar berkontribusi menulis lagi, dan mungkin dapat diangkat menjadi pengisi konten tetap di IsiGood.com. Jadi, silahkan berlomba-lomba membuat tulisan bagus!

Selamat menulis!!!

Sumber: IsiGood.com

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Designed By Blogger Templates